Selasa, 25 Desember 2012

Manusia Selamat


4  GOLONGAN MUNUSIA YANG SELAMAT DI DUNIA

Sahabat
Ijinkanlah pada kesepatan ini saya mengajak seluruh para jamaah pada umumnya dan khususnya pada diri saya pribadi marikan kita selalu menambah keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT dengan menanamkan diri pribadi msing-masing baik ketika kita sendiri/ditempat sepi maupun bersama-sama dengan orang lain/ditempat ramai, baik di rumah maupun di tempat kerja bahwa Allah akan selalu mengawasi dan meminta pertanggungjawaban atas apa yang kita perbuat selama kita hidup di alam dunia ini. Shalawat dan salam selalu tercurah hanya pada baginda nabi Muhammad saw, nabi penutup dari para nabi, nabi yang kita tunggu syafaatnya di akhir kiamat nanti.
Sahabat
Kehidupan di dunia mau tidak mau haruslah hadapi dengan iman dan amal kerena kalua tidak didasari dengan iman dan amal maka hidup seorang manusia akan semaunya saja yang hanya menuruti hawa nafsu seperti binatang. Kita hidup sejak lahir digariskan sebagai manusia yang beragama namun hanya lingkunganlah yang mengubah diri seseorang baik di beragama islam maupun agama selain islam.
Sudah banyak cerita dan kisah-kisah hidup manusia yang dulunya waktu kecil beriman namun ketika besar berubah menjadi tidak beriman, yang dulunya miskin jadi orang beriman setelah jadi kaya jadi orang tidak beriman atau sebaliknya yang dulunya orang kaya tidak beriman maka setelah jatuh miskin jadi orang yang beriman, dulunya orang bahkan lebih dari itu dulunya orang miskin beriman sampai ajal pun tetap beriman, dulunya kaya orang beriman sampai ajalpun tetap beriman itulah gambaran gambaran keimanan dalam kehidupan di dunia.
Sahabat
Kehidupan memang tidaklah segampang membalikkan telapak tangan oleh karena itu iman dan takwa lah yang kita jaga kerena hanya iman dan takwalah yang dapat menyelamatkan diri dari godaan-godaan hidup di dunia sepanjang masa atau waktu. Selaku orang yang beriman sudah sewajarnyalah untuk selalu amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran di antara agar jadi menjadi orang yang merugi, sebagaimana firman Allah dalam Surat Al ‘Asyr ayat 1-3.
والعصر(1)
إن الإنسان لفي خسر(2)
إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر(3)
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS:Surat Al ‘Asyr ayat 1-3)

Sahabat
Kehidupan dunia yang penuh ujian dan cobaan perlulah kita selaku orang islam dengan mengambil atau melihat al-Qur’an khususnya dalam surat al ‘asyr ayat 1 sampai 3 dijelaskan bahwa manusia itu berada dalam kerugian kecuali jika mereka 1. Beriman dan beramal shaleh. 2. Nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan 3. Nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. Dengan demikian mudah-mudahan kita dapat melalui segala ujian dan cobaan baik yang datang secara langsung maupun tidak langsung dan akhirnya selamat di dunia dan di akherat amin, ya rabbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar